Harga Minyak Dunia dan Harga BBM Kita

Setelah terjadinya resesi ekonomi dunia, berapa kira kira harga minyak dunia tahun depan. Secara sederhana dapat dibayangkan bahwa permintaan minyak di beberapa negara konsumen besar akan turun, tetapi di negara berkembang lainnya, permintaaan mungkin relatif tetap. Karena itu harga minyak bumi dapat dipastikan akan turun ke level dibawah US 50 per barrel

Apakah bisa lebih rendah lagi? Rasanya agak berat juga, meskipun bukan tidak mungkin, karena (khususnya) negara pengekspor minyak dan juga perusahaan minyak multinasional pasti akan berusaha agar harga tidak turun terlalu jauh. Dalam jangka menengah dan panjang, untuk mendorong agar kegiatan eksplorasi di wilayah laut dalam dan wilayah frontier lainnya menarik secara ekonomis, maka perlu supply cost (harga ekonomis dalam perspektif perusahaan minyak international) yang lebih baik, yang selanjutnya tetap akan menjaga harga pada tingkat tertentu.
Merrill Lynch memperkirakan harga minyak dunia akan mengalami penurunan, meskipun akan kembali bergerak naik pada semester kedua tahun 2009. Hal ini karena permintaan global periode 2008-2013 lebih rendah menjadi 1,2%. Krisis yang telah melanda AS, Uni Eropa, Jepang dan negara lainnya membuat para investor kuatir pada permintaan minyak di negara-negara industri akan melemah terutama di China.

Harga rata-rata BBM di Amerika Serikat (AS) pada saat yang bersamaan sudah lebih dulu murah dari harga BBM di Indonesia. Jika memakai patokan kurs 5 Desember 2008 di level 11.670 per dolar AS, harga satu liter bensin di AS senilai Rp 5.450. Artinya maka harga bensin di AS lebih murah Rp 50 dibandingkan harga premium di Indonesia pada tanggal tersebut (Rp 5.500 per liter). Dan pada saat pemerintah mengumumkan harga premium di Jakarta menjadi Rp 5,000 per liter, harga rata-rata premium dinegara bagian seperti Texas tidak lebih dari US 1,6 per gallon atau kurang dari Rp 4400 per liter.
Dengan kondisi diatas, sekiranya pemerintah konsisten dengan pernyataannya tentang harga keekonomian tatkala menaikkan harga BBM, seharusnya dapat menurunkan harga BBM menjadi senilai Rp 2.500 – Rp 3.000 per liternya. Saat ini harga Rp 5.000 masih mahal, karena ketidakjelasan dalam struktur pembiayaan migas di APBN 2009.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s